Kompetensi Keahlian Multimedia atau biasa dikenal dengan MM pertama kali dibuka pada tahun 2016 Latar belakang dibukanya Kompetensi Keahlian MM adalah karena kemajuan teknologi yang begitu pesat terutama dalam dunia desain grafis, media interaktif, animasi, fotografi dan videografi serta besarnya peluang kerja dan usaha yang bisa didapat oleh para lulusannya di berbagai industri mulai dari jenis perorangan, perusahaan, agensi hingga startup. Seperti kita ketahui bahwa semakin berkembangnya teknologi semakin besar pula kebutuhan setiap orang maupun pelaku usaha di bidang Multimedia dan ini merupakan suatu peluang besar bagi SMK Negeri 1 Pugaan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang tersebut. Dengan besarnya peluang tersebut, lulusan Multimedia dapat dengan mudah mendapat pekerjaan dari menjadi penyedia jasa multimedia perorangan sampai perusahaan industry besar multimedia. Karena Alasan itu pula SMK Negeri 1 Pugaan membuka Kompetensi Keahlian Multimedia bertujuan membangun daerah dan kearifan lokal khususnya di kabupaten Tabalong.
Pada Kompetensi Keahlian Multimedia ini peserta didik dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan mengenai Hardware (Perangkat Keras) mulai dari perakitan hingga instalasi komputer, serta mengenai Software (Perangkat Lunak) Komputer, khususnya keterampilan dalam penggunaan aplikasi multimedia mulai dari aplikasi desain grafis, animasi dan video sehingga menjadi suatu produk multimedia.
Dalam Kompetensi Keahlian Multimedia juga terdapat Program Prakerin (Praktik Kerja Industri)/PKL (Praktik Kerja Lapangan), dimana peserta didik dibekali pengalaman atau terjun langsung dalam dunia kerja/industri agar nantinya setelah lulus sudah mempunyai gambaran tentang Dunia Usaha/Industri (DU/DI) dan siap bersaing.
Selaib dapat melanjutkan kuliah, ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Kelas X/XI/XII)
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Kelas X/XI/XII)
3. Bahasa Indonesia (Kelas X/XI/XII)
4. Matematika (Kelas X/XI/XII)
5. Sejarah Indonesia (Kelas X/XI/XII)
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya (Kelas X/XI/XII)
B. Muatan Kewilayahan
7. Seni Budaya (Kelas X/XI/XII)
8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Kelas X/XI/XII)
C1. Dasar Bidang Keahlian
9. Simulasi dan Komunikasi Digital (Kelas X)
10. Fisika (Kelas X)
11. Kimia (Kelas X)
C2. Dasar Program Keahlian
12. Sistem Komputer (Kelas X)
13. Komputer dan Jaringan Dasar (Kelas X)
14. Pemrograman Dasar (Kelas X)
15. Dasar Desain Grafis (Kelas X)
C3. Kompetensi Keahlian
16. Desain Grafis Percetakan (Kelas XI/XII)
17. Desain Media Interaktif (Kelas XI/XII)
18. Teknik Animasi 2D dan 3D (Kelas XI/XII)
19. Teknik Pengolahan Audio dan Video (Kelas XI/XII)
20. Produk Kreatif dan Kewirausahaan (Kelas XI/XII)