SMKN 1 PUGAAN

Pentingnya Sertifikat TOEIC Bagi Siswa SMK dan Kegunaannya Untuk Melamar Pekerjaan?

Kemampuan bahasa asing, termasuk bahasa Inggris, merupakan modal utama untuk mendapatkan pekerjaan saat ini. Salah satu sertifikasi kemampuan bahasa asing yang diakui secara internasional adalah TOEIC, alias Test of English for International Communication.

Apa Itu TOEIC?

TOEIC adalah akronim dari Test of English for International Communication. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya ujian bahasa Inggris untuk komunikasi Internasional. Jadi bisa dikatakan, TOEIC adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang berstandar Internasional bagi orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan komunikasi bahasa Inggris bagi orang yang bekerja di lingkungan internasional.

Menyadari hal ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) telah membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge setiap tahunnya‚ÄĒFasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK.

Program ini merupakan salah satu upaya Kemdikbud mewujudkan rencana besar pemerintah dalam menyiapkan SDM Indonesia yang unggul.

Fasilitasi Sertifikasi TOEIC ini telah secara resmi diluncurkan pada bulan Juli dengan harapan lulusan SMK di Indonesia dapat tersertifikasi secara internasional dan dapat memiliki nilai saing saat memasuki dunia kerja.

“Saat ini, penyaluran Fasilitasi Ujian Sertifikasi International TOEIC telah sampai pada tahap implementasi tes TOEIC bagi siswa SMK yang lolos seleksi. Animo keikutsertaan SMK di seluruh Indonesia tetap tinggi terlepas dari situasi pandemi ini. Berdasarkan data yang dihimpun dari tim penyelenggara, program ini berhasil diikuti oleh 1.352 SMK yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sebanyak 196,450 siswa telah menjalankan proses seleksi dan menghasilkan 75.000 siswa terbaik untuk dipilih sebagai penerima bantuan sertifikasi TOEIC,” tegas Jenny Lee (Direktur International Test Center) dalam siaran persnya.

Jenny Lee menambahkan bahwa di tengah pandemi Covid-19, International Test Center (ITC) selaku penyelenggara sertifikasi TOEIC berkomitmen memberikan setiap tahapan implementasi program dengan baik untuk menjamin kualitas output yang dihasilkan.

Dimulai dengan tahapan Sosialisasi yang diberikan melalui berbagai platform seperti video conference, portal news di website, social media, serta layanan pusat informasi.

Tahapan berikutnya yaitu Seleksi menggunakan readiness assessment VIERA diberikan dalam dua opsi pengerjaan yaitu bisa melalui mobile phone atau dengan gawai lainnya seperti komputer untuk memudahkan para siswa dalam mengikuti seleksi.

Bagi para siswa yang lolos seleksi, ada tahapan Pembelajaran yang diberikan oleh tim Pakar (Akademik) Pembelajaran TOEIC dari ITC selama satu bulan.

Kegunaan Sertifikat TOEIC

Saat ini, lebih dari 1000 perusahaan dan pemerintahan di dunia yang menggunakan tes TOEIC sebagai persyaratan perekrutan karyawan. Masa berlaku sertifikat TOEIC adalah 2 tahun. Apabila sudah lewat dari 2 tahun maka sudah tidak bisa digunakan lagi. Sebetulnya kegunaan sertifikat TOEIC sama saja baik untuk tamatan SMK, SMA atau Perguruan tinggi :

  • Sertifikat TOEIC biasanya digunakan sebagai persyaratan dalam melamar pekerjaan.
  • Menggambarkan kemampuan berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulis. TOEIC mempunyai spesialisasi untuk bekerja. Kalau untuk tujuan lanjut S2 diluar negeri gunakan TOEFL.
  • Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam rekrutmen skilled workers

Pemegang sertifikat adalah orang yang siap kerja dalam arti siap (apabila dibutuhkan) mengikuti pelatihan dengan bahasa prngantarnya bahasa inggris, misalnya pelatihan mengoperasikan mesin² industri. Atau mempelajari SOP dalam bahasa Inggris yang berlaku di industri.

Bagi kalian yang ingin mengasah dan mengetahui sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris yang telah dikuasai, SMK English Challenge adalah kegiatan yang sangat wajib untuk diikuti. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini bertujuan untuk memfasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Inggris bagi siswa SMK dengan TOEIC (Test of English for International Communication).

Bagikan :

Artikel Lainnya

Bangga Jadi Alumni SMK, Lulusann...
Salah satu tujuan didirikannya SMK adalah untuk membekali sisw...
Perubahan Nama Program Keahlian ...
Pada tahun pelajaran 2022/2023, SMK Negeri 1 Pugaan banyak men...
Rapat Komite Sekolah dan Pembent...
Rapat komite sekolah ini bertujuan untuk memperkuat kepengurus...
Pelaksanaan Masa Pengenalan Ling...
SMKN 1 Pugaan – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau ...
Pembagian Raport Semester Genap ...
Pembagian Raport Semester Genap TP 2021/2022 di SMKN 1 Pugaan ...
Tips Agar Siswa Berprestasi Meng...
Tips Mempersiapkan Tahun Baru Untuk menjadi siswa yang baik, p...

Hubungi kami di : 082220968854

Kirim email ke kamiadmin@smkn1pugaan.sch.id

Download App Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman